pengertian Tajuk Rencana, Pojok, dan karikatur

Oktober 10, 2017
karikatur Jokowi di surat kabar The New York Times

Dalam media cetak surat kabar seperti koran, selalu kita dapati kolom atau halaman khusus yang berisikan Tajuk Rencana, Pojok, dan Karikatur. Berikut pemahaman saya mengenai 3 hal tersebut:

Tajuk Rencana

Tajuk Rencana atau editorial merupakan komentar yang memperlihatkan sikap surat kabar terhadap peristiwa atau masalah yang sedang hangat ditengah masyarakat.

Tajuk Rencana juga bisa disebut sebagai karya tulis semi ilmiah yang dibuat oleh pemimpin redaksi atau editor terhadap isu pokok yang dibahas dalam surat kabar tersebut. Tajuk Rencana didasari dengan kebijakan surat kabar yang bersangkutan. Tajuk Recana ditulis oleh pemimpin redaksi atau editor. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa Tajuk Rencana dapat ditulis oleh redaktur. Pengkritikan menggunakan Tajuk Rencana dapat membentuk pendapat umum.

Surat kabar/pers menjadi kaki keempat dari demokrasi (selain dari eksekutif, legislative, dan yudikatif) karena pers sebagai pengamat dan sebagai penyambung lidah dari masyarakat kepada pemerintah atau sebaliknya.

Suatu surat kabar juga mempunyai kebijakan tersendiri, ada yang pro pemerintah yang mendukung kebijakan pemerintah ada pula yang independen yang akan berpihak kepada masyarakat.

Fungsi Tajuk Rencana biasanya menjelaskan berita, artinya, dan akibatnya pada masyarakat. Fungsi Tajuk Rencana penjelasan ini biasanya lebih pro kepada pemerintah. Fungsi Tajuk Rencana yang meneruskan suatu penilaian moral biasanya berisi penilaian yang kritis terhadap masalah atau berita yang disorot. Tajuk Rencana ini dapat dikatakan pro rakyat/independen.

Tajuk Rencana juga mengisi latar belakang dari kaitan berita tersebut dengan kenyataan sosial dan faktor yang mempengaruhi dengan lebih menyeluruh dan dalam penulisannya memberikan wawasan. Dalam Tajuk Rencana terkadang juga ada ramalan atau analisis kondisi yang berfungsi untuk mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi, serta meneruskan penilaian moral mengenai berita tersebut.

Fungsi-fungsi tersebut dapat digunakan tidak hanya satu fungsi untuk satu tulisan Tajuk Rencana, tetapi dapat mengaplikasikan dua, tiga, bahkan empat fungsi dalam satu tulisan Tajuk Rencana. Dengan catatan, surat kabar pro pemerintah tidak selalu menggunakan fungsi penjelasan, tetapi bisa dengan fungsi yang lainnya. Begitupun dengan yang independen.

Pojok

Pojok adalah kutipan pernyataan singkat tentang suatu peristiwa tertentu yang dianggap menarik atau kontrovesial, untuk kemudian dikomentari oleh pihak redaksi dengan kata – kata atau kalimat yang kritis dan menggelitik. Pojok sesuatu yang penting sebagai isi dari surat kabarkarena menampilkan satu bentuk opini/ pendapat dari surat kabar tersebut.

Pojok berfungsi untuk menghibur, mengritik, dan menyindir seseorang atau suatu pemasalahan tertentu. Pojok yang berarti sindiran berangkat dari budaya Indonesia bahwa segala sesuatu dilakukan dengan halus. Pojok adalah rubrik khas yang hanya terdapat dalam surat kabar Indonesia. Pertama kali muncul pada tahun 1913.

Pojok pada umumnya terdiri dari dua kalimat singkat, yakni satu kalimat berita satunya lagi kalimat tanggapan atau sentilan dari redaksi. Namanya saja kalimat sentilan, tentu kalimat tersebut sifatnya menyentil berbagai kebijakan, perilaku tokoh dan sebagainya. Dibutuhkan kreativitas yang tinggi untuk berhasil menemukan sebuah kalimat yang nyentil di samping untuk melihat apa yang mau disentil.

Pojok yang terdapat dalam surat kabar harian Kompas berada diujung/Pojok halaman walaupun demikian, kolom yang kecil itu bearti. Pojok dengan sifat lucunya, jelas tidak sama dengan Tajuk Rencana yang serius, baik yang informative maupun yang argumentative. Dalam peulisan Tajuk Rencana, pesan penulis dibeberkan dalam tulisan yang panjang sedangkan Pojok hanya 2 kalimat yang kritis dan humoris.

Struktuk Pojok terdiri dari dua bagian, yang pertama ialah kutipan peristiwa/ berita yang sedang hangat. Kedua, merupakan komentar. Sindiran, guyonan, celetukan, dan mengkritisi terhadap peristiwa/permasalahan tersebut.

Karikatur

Karikatur atau kartun editorial merupakan bentuk opini bergambar yang bersifat sindiran juga mengandung sebuah kritikan atau mengomentari berita dan isu yang sedang ramai dibahas di masyarakat yang mencerminkan sikap koran yang bersangkutan.

Untuk menunjukan opini, suatu surat kabar tidak hanya menggunakan tulisan tetapi juga menggunakan gambar Karikatur. Seperti menggambarkan subjek dengan menyindir, mengejek, dan mengolok-olok. Karikatur sama seperti Tajuk Rencana dan Pojok yang dimuat di sebuah koran di rubrik opini dengan kebijakan redaktur. Karikatur menekankan unsur kritik/protes sosial. Yang membuat karikatur adalah karikaturis anggota redaksi surat kabar yang bersangkutan.

Kesimpulan

Tajuk Rencana dan Pojok pendapat atau opini dari kebijakan redaktur koran tersebut dengan menggunakan kebahasaan. Sedangkan Karikatur opini redaksi dari korang dengan menggunakan gambar.

Tajuk Rencana, Pojok, dan Karikatur sama-sama opini atau pendapat yang yang mencerminkan suatu redaksi koran. Tajuk Rencana, Pojok, dan Karikatur biasanya di letakkan dalam satu halaman editorial. Fungsi dari ketiga hal tersebut adalah untuk mendidik pembaca untuk mengritisi suatu permasalahan, menghibur, dan memberikan wawasan.

4 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.